MCDM: Multi Criteria Decision Making

8:00 AM

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kegiatan pengambilan keputusan merupakan hal penting yang selalu kita lakukan dari awal kita memulai hari hingga selesai. Saat pertama kali bangun saja kita sudah harus memutuskan apakah kita harus bangun dan memulai aktivitas atau tetap tidur dan melanjutkan mimpi kita.

Dalam bisnis, pengambilan keputusan dapat dilakukan secara subjektif, kompromi maupun normatif. Tergantung seberapa besar keputusan tersebut akan berpengaruh terhadap jalannya sebuah perusahaan tersebut. Ketika kita dihadapkan oleh sebuah problem, langkah awal yang harus dilakukan adalah menganalisa masalah yang sedang kita pahami. Kita harus paham benar masalah apa yang kita hadapi, melihat dari berbagai aspek sehingga kita dapat menganalisa permasalah yang kita hadapi secara luas.

Langkah selanjutnya adalah memilih alternatif yang sekiranya bisa membantu dalam menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Alternatif ini dapat berupa strategi, maupun model matetmatis jika masalah yang dihadapi lebih ke arah operasional yang membutuhkan perhitungan detail dalam penyelesaiannya. Langkah strategi dilakukan jika masalah yang dihadapi merupakan kendala strategis seperti menyangkut visi dan misi perusahaan.

Seringkali orang merasa takut mengambil keputusan, sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah namun jika dilakukan terus menerus dampak yang ditimbulkan tidak baik. Perlu diketahui bahwa setiap keputusan yang kita buat pasti mengandung kesalahan. Tidak ada keputusan yang benar-benar sempurna tanpa menimbulkan kesalahan .

Semua keputusan yang kita ambil mempunyai sisi positif dan negatif yang akan berdampak pada kegiatan yang kita lakukan akibat dari pengambilan keputusan tersebut. Mengambil keputusan yang salah itu buruk, namun lebih buruk lagi jika kita tidak pernah mengambil keputusan dan membiarkan permasalahan itu mengikuti arus yang ada. 

Semua keputusan yang kita ambil pada dasarnya dipengaruhi oleh akal kita sendiri. Memang akal pikiran kita terbatas, sehingga intuisi kita seringkali juga mempunyai andil besar dalam keputusan yang anda buat. Keputusan tersebut dapat berarti secara logika benar, namun intuisi anda berkata tidak. Begitu pula sebaliknya. 

Sekali lagi, tidak ada keputusan yang benar atau salah seratus persen. Ketika anda menghadapi pertautan antara hati dan pikiran yang tidak sejalan tugas anda adalah memilih salah satu yang anda yakini benar. Perkara dampak dari keputusan yang anda ambil, anda harus menerima dengan yakin bahwa masalah tersebut dapat anda selesaikan karena itu merupakan konsekuensi yang akan anda terima.


You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Flickr Images