Sego Njamoer A La ITS

1:52 AM



Mahasiswa ITS circa 2009 pasti kenal jajanan yang heboh di masanya.
Sego Njamoer awalnya dari lomba PKM mahasiswa, yaah jaman dulu kita maba emang disuru bikin PKM. Banyak yang jadi, tapi ga sedikit juga ya asal bikin. Sekarang masih ga sih?

Jajan yang murah dan mengenyangkan ini dulu harga awal masih 2,500 trus naik-naik ke puncak gunung sampe terakhir beli beberapa bulan yang lalu udah 6,000 aja =D

Udah ga jadi mahasiswa ITS, tapi masih suka nasi jamur ini. Tapi sekarang masih dalam rantau, jadi kalo ngidam nasi jamur jadi agak sulit. Masa iya kalo pengen harus pengen nasi jamur nunggu pulang dulu, sedih amat...

Akhirnya didorong oleh rasa ngidam dan penasaran, saya buka-buka google. Sapa tau ada yang tau resepnya. Lumayan bisa bikin sendiri.
Dan taraaa.... di Blog UrbanSingleLady saya nemu resep untuk bikin nasi jamur idaman ini. 
Sampai akhirnya, hari ini saya memutuskan untuk masuk dapur dan mencoba sendiri.
Step nya sama, bahannya juga sama. Kecuali berat jamurnya ga bener-bener saya ukur. Cuman perkiraan aja, namanya juga orang males hehehe...


jamur tiram dipotong dengan ukuran sedang, jangan terlalu besar karena nanti bakal susah buar dimakan
campur semua bahan-bahannya. Mulai dari tepung maizena (3 sdm), ketumbar bubuk+garam+gula+merica (1 - ½ sdt). Lalu balurkan ke potongan jamur tadi.


Dipercobaan pertama, rasa jamur dan bumbunya kurang kerasa dari Sego Njamoer yang ada. Akhirnya dipercobaan kedua, sebelum digoreng, ditambah 1 siung bawang putih yang digeprek kemudian ditumis terlebih dahulu. Baru jamur dimasukkan ke wajan.
Adonan jamur tadi bakal kerasa kering awalnya, tapi setelah digoreng jamur bakal ngeluarin air sehingga agak sulit bolak-balik jamur ini dalam satu gerakan. Ciaatt.... !!
Jadi saran, paling enak ya pake wajan happy call yang bisa dibolak balik itu. Emang di kios yang jual Sego Njamoer mereka pada pake happy call sih masaknya.

Tadaaa.... jamur goreng sudah jadii.. tinggal ditambah nasi. Kalau mau ngikutin aslinya, ya nasinya dibentuk onigiri. Nasi.. jamur... nasi, kayak bikin burger.


Di sini saya pakai nasi merah, rasanya lebih tawar sih. Tapi tetep enak. Ga kalah sama Sego Njamoer, lumayan kalo di Jakarta pengen bisa masak sendiri. Tapi kalo udah di rumah, ya mending beli aja di kampus hehhe...


You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Warung Blogger

Flickr Images