Anak Indonesia yang Kece

2:09 AM

Tulisan ini merupakan karya yang saya submit di lomba menulis oleh IDNTimes, ada 5 topik yang diajukan, namun saya memilih topik yang berkaitan dengan anak-anak Indonesia

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Anak-anak Indonesia yang Kece di Masa Depan

            Di tahun 2030 bangsa Indonesia diprediksi akan berada pada masa emas, karena Indonesia akan dihuni oleh banyak pemuda-pemudi produktif yang tanggap dalam mencapai peluang dan kuat menghadapi berbagai tantangan.

Siapakah pengisi generasi Indonesia 2030?

Menurut Undang-Undang Republik Indonesai No.23/2002 batas usia seseorang dikatan anak-anak adalah usia  masih dalam kandungan hingga 18 tahun. Di tahun 2016 ini para generasi emas Indonesia tahun 2030 sedang berada pada masa anak-anak. Masa yang seharusnya menyenangkan karena dipenuhi dengan kegiatan bermain dan belajar, tidak perlu memikirkan masalah pelik orang dewasa apalagi sampai bertarung masalah prestise dan pamor.

Menjadi anak Indonesia yang kece tidaklah sulit karena menjadi seorang anak adalah perihal bersenang-senang. Kewajiban seorang anak adalah sekolah dan haknya mendapat pendidikan yang layak. Sekolah bukan untuk pamer bahwa baru saja membeli mainan, namun boleh saling bersaing dalam prestasi. Nilai bukanlah segalanya, namun kunci untuk menjadi seorang anak Indonesia yang kece adalah melalui nilai akademik yang bagus. Tidaklah harus sempurna, namun ketika kalian melihat nilai tersebut ada rasa bangga karena telah melakukan perjuangan yang tidak mudah untuk mendapatkannya.

Anak Indonesia yang kece juga tidak lupa bermain. Jika ada yang bilang, “jangan bermain terus, belajar sana!” tersenyumlah saja pada mereka. Kelak kau bisa membuktikan bahwa dari bermain kreativitas dan jiwa sosialmu tumbuh. Bermain tak hanya bermain gadget saja, namun buatlah sendiri mainanmu. Ciptakan sesuatu yang membuat duniamu menjadi lebih asyik dan mainkanlah dengan teman-temanmu. Kelak di masa depan, teman-temanmu akan selalu menjadi orang yang bisa kau andalkan untuk berbuat sesuatu bagi Indonesia.

Anak Indonesia yang kece adalah anak yang bertoleransi terhadap lingkungan sekitarnya. Indonesia merupakan negara dengan tingkat keberagaman yang tinggi dan itulah yang membuat Indonesia menjadi unik. Berkulit hitam atau putih, bermata sipit atau lebar, berambut lurus atau keriting, semuanya adalah teman. Indonesia yang luas ini bukanlah menjadi pemisah, namun menjadi pemersatu dari masyarakat Indonesia yang majemuk.

Berbanggalah dengan bangsamu ini. Rasa bangga itulah yang akan menggerakkan kalian untuk berbuat lebih banyak kebaikan bagi Indonesia. Pelihara rasa bangga itu dengan menghargai budaya dan nilai-nilai asli di Indonesia. Jika di sekolah dirasa belum cukup mengajarkan kalian bangga pada negara ini, carilah rasa bangga itu lewat berbagai cara. Anak Indonesia yang kece tentu cerdas dan selektif dalam memilih sumber informasi mana yang layak dan pantas untuk diikuti.

Seberapa pun hebatnya perbuatan kita dan seberapa pun tulusnya niat kita untuk bangsa ini, pasti akan selalu saja ada yang berbisik negatif di telingamu. Ingatlah, wahai anakku, mereka ada memang untuk memberimu kritik namun mereka tidak perlu dihiraukan karena inilah jalan yang sedang kau alami.


Maka jadilah anak Indonesia yang kece, supaya di tahun 2030 nanti bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang kece di mata dunia dan selamanya rasa bangga akan negaramu ini akan menderu tiada henti di hatimu.

You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Flickr Images