Another Story of My Confidence

1:25 PM

Pernah nggak sih kalian merasa nggak pede ketika jalan ke mall?

Ketika lagi ada di acara yang nge-hip banget tapi berasa insecure sama diri sendiri?

Atau waktu lagi jalan di Grand Indonesia terus liat kanan-kiri kok pada kayak model semua tampilannya?

Kalo kalian nggak pernah ngerasa gitu, bersyukur dan berbahagialah kalian wahai teman-temanku. Nggak semua orang punya rasa percaya diri sebesar itu.

Karena saya mengalaminya, iya.

Saya ini tipe orang yang insecure banget sama diri sendiri. Ya bisa dibilang karena berbagai faktor, terutama lingkungan. Nggak saya bahas di sini lah ya, karena nanti maknanya bisa menjatuhkan. Walaupun secara nggak langsung dikatain di depan saya sendiri, I've been bullied online.
And it hurts, a lot.

Walaupun pada awalnya selalu denial dengan bilang ke diri saya sendiri bahwa saya nggak memperdulikan omongnan mereka, nyatanya omongan mereka itu malah masuk dalam pikiran saya dan berulang-ulang setiap hari. Tanpa saya sadari.

Akhirnya kata-kata itu yang membuat saya jadi pribadi yang sangat tertutup, selalu melihat orang lain lebih daripada saya, selalu nggak puas sama diri sendiri, berstandar orang lain untuk kesempurnaan diri dan ngerasa nggak pernah nyaman dengan tubuh sendiri
Udah tau masalahnya itu, saya malah nggak ngerubah kebiasaan saya. Malah makan nggak teratur, nggak pernah olahraga, nggak terlalu bergaul sama orang.

And... boom!

I was a shy and under-achiever girl :(

Situasi ini bisa menjadi bom waktu yang tidak terlihat awalnya namun bisa meledak di akhir-akhir. Bom waktu ini udah saya rasain akibatnya ketika masuk di lingkungan profesional, karena nggak pede ini ujungnya bisa merembet kemana-mana. Mulai dari public speaking sampai body language.

Dari situ saya katakan pada diri saya kalo saya mau berubah!

Post macam ini memang pernah saya tulis di bulan lalu, tapi kali ini saya mau share betapa hal ini sudah banyak berubah dalam diri saya. Biasanya kalau datang ke acara-acara gaul ataupun lagi jalan di mall pasti pikiran saya langsung judgmental ke diri saya sendiri, langsung membandingkan diri saya ke orang lain.

Saat saya merasa orang lain lebih hype, lebih modis, lebih keren dari saya disitulah kepercayaan diri saya langsung luntur tak berbekas. Menguap.

Tapi apa yang saya alami kemarin rasanya beda, saya nyaman dengan diri saya sendiri.
Padahal kemarin cuman pake legging dan mini dress. Make up juga ga terlalu karena udah sore dan saya baru dari beberapa tempat. Tapi saya nyaman.
Saya melihat sekitar, banyak cewek cantik nan seksi. Pikiran saya nggak judgmental lagi ke diri sendiri. Saya merasa, ah itu kan mereka, saya nyaman aja kok pake ginian.

And I was like.... happyyy  <3
Very happyy...

Tuhan, akhirnya saya merasa happy. Merasa nyaman dengan diri sendiri. Merasa bersyukur saya punya badan seperti, bersyukur atas tiap lekuk badan yang saya miliki. Senang sekali rasanya.

Saya belum bisa cerita apa yang bisa begitu mengubah hal ini karena terlalu personal untuk diceritakan. Intinya hal macam ini nggak datang secara menyenangkan, pake nangis-nangis untuk meraihnya. But it was worth!

Now evertime I walk, I'll be like....


via GIPHY

You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Warung Blogger

Flickr Images