Menu Sederhana Bikin Kenyang

3:26 AM

Anak kos identik dengan makan enak di 10 hari pertama di awal bulan, 10 hari kedua makan warteg dan 10 hari terakhir makan indomie.

You guys..

Hal ini boleh terjadi pada kalian kalau di kos kalian nggak ada dapur buat masak. Tapi kalo ada dapur, makanan kalian selama sebulan harus yang bergizi, bersih dan sehat. Sekali-kali jajan boleh lah, tapi kalau keseringan nggak bagus juga buat kesehatan dan dompet, yekan?

Kali ini, saya mau share masak-masak sedikit. Sebagai anak kos yang cepet bosen sama makanan luar dan makin peduli sama kesehatan badan sendiri, akhirnya saya memutuskan untuk lebih sering memasak. Selain lebih bersih, saya juga suka kreasi makanan a la saya sendiri. Udah berasa Martha Stewart belum neeh lw leh tw?

Masakan Anak Kos edisi ini…. SAYUR BAYAM + TEMPE GORENG




Kalau kalian termasuk anak jajan yang sering makan di luar dan bosen dengan jajan yang ada, pasti pengen kembali ke makanan sederhana. Tidak ada yang bisa mengalahkan sayur bayam dan tempe goreng pake sambel dimakan pas lagi anget-angetnya.

Bahan:
1.       Seikat bayam (di sini saya pake bayam merah organic)
2.       3 siung bawah putih + 2 siung bawah merah
3.       Tempe sesuka kalian
4.       Kecap Asin
5.       Gula, garam, merica

First thing first, kalian harus potong-potong dulu bayamnya. Kalau saya lebih suka banyak daunnya daripada batangnya. Abis bayamnya dipotong, sekarang rebus air untuk mulai masak.



Selagi nunggu airnya mendidih, kalian bisa mulai chopping bawang putih dan bawang merah. Bawang putihnya bisa kalian geprek lalu potong kecil-kecil, atau kalau punya uleg, ya diuleg aja. Intinya untung bawang putih dipotong ukuran kecil supaya rasanya lebih cepat keluar ketika direbus sehingga rasa kuahnya menjadi kuat. Bawang merahnya bisa kalian potong biasa asal tidak terlalu tebal, karena fungsinya untuk penyedap rasa.



Setelah air mendidih, masukkan potongan bawang-bawang ini dan biarkan sebentar. Setelah 5 menit dan air mulai mendidih lagi, masukkan bayamnya dan tunggu sampai bayam agak layu. Di sini kalian bisa masukkan gula, garam, dan merica secukupnya. Dirasa-rasa aja sih, nggak tau deh takarannya berapa :p Setelah itu diamkan dan aduk sesekali hingga sayur sudah benar-benar matang.



Karena bayam yang saya pakai ini jenis bayam merah/bayam hati, maka air rebusannya jadi ikut merah. Tapi rasa bayamnya sama saja, nggak ada pahit-pahitnya. Cuman agak aneh juga sih kelihatannya, kayak makan sayur bayam pake kuah wedang uwuh. HAHAHA



Sayur bayam udah mateng, sekarang kita lanjut ke tempe goreng.
Yahh tempe goreng mah, sebenernya cuman digoreng biasa aja. Supaya ada rasanya dikecapin sama kecap asin dikit aja. Tapi itu sesuai selera banget sih, kalo ada yang mau lebih sehat ya digoreng biasa aja pake minya super dikit. Nah, berhubung ini masaknya pas puasa dan pengen banget ada rasa-rasanya ya dikecapin lah :D




Oke, sudah selesai.
Upss.. ternyata di kulkas masih ada sisa ayam suwir masih ada. Oke lah, kita panasin aja sekalian, Biar makin rame itu makanannya .
Ayam suwir ini saya beli online di @ayamsuwirsikentung (check their Instagram account).  Mereka menyediakan 6 macam rasa dan untuk masakan ini saya memakai ayam suwir rasa terasi. Mereka menjual dengan paket 250gram, ini bisa dipake 4-5 kali makan lah. Suer deh nagih ini, cuman dimakan pake nasi panas aja udah enaks banget. Hihi.. ga dibayar lo ini, cuman karena ini favorit aja.




You Might Also Like

1 comments

  1. Tragis banget kalo makan enak cuman 10 hari ihik ihik
    Gw dulu anak kost tapi ngak gitu2 banget

    ReplyDelete

Total Pageviews

Flickr Images