Drama Korea Bikin Hidup Lebih Berarti

12:59 AM

Astaga!
ini agak lebay yaa judulnya,.. hahaha.
Yahh bagi penggemar berat drama korea, tentu judul di atas emang bener banget deh. Apalah artinya hidup ketika drama yang kita ikuti ternyata udah selesai. Rasanya idup udah kelar....
Lalu racunnya kembali lagi ketika ada drama baru yang lebih lucu, lebih sedih, atau pemerannya lebih ganteng.

Saya sendiri termasuk penggemar drama korea, tapi levelnya masih sedang. Pilihan pertama masih jatuh pada serial barat yang dari segi cerita lebih berat dan bikin rada mikir, karena saya suka misteri. Hihi.

Pertama kali nonton drama korea adalah Full House, setuju kan ini drama yang romantis dan lucu sampe sekarang?. Setelah berhenti beberapa lama, akhirnya waktu S2 ini keracunan lagi gara-gara temen sekelas pada nonton drama korea. Bermula dari serial barat yang pada hiatus, akhirnya mencoba beralih haluan ke drama korea. Berawal dari minta ke temen, akhirnya donlod sendiri saking pengen taunya.

Setelah 2 -3 kali lihat drama korea itu ternyata kalau diamati secara lebih jelas ada benang merah yang selalu ditekankan di SETIAP DRAMA KOREA yang pernah saya tonton. Riset ini.... ceilah riset... saya lakukan ke beberapa drama korea. Hasilnya semua pasti ada adegan ini. Saya menduga ini semacam brainwash ke penontonnya, hahaha. Kalau kalian lihat drama korea, tolong perhatikan beberapa hal ini ya. Kalau ada yang tidak memenuhi faktor-faktor di bawah ini tolong komen di bawah ini apa judulnya, biar saya bisa lihat drama korea tanpa brainwash :))

1. AMERIKA, tolong beritahu saya drama korea apa yang nggak ada Amerikanya. Mulai dari sekolah di Amerika, abis liburan dari Amerika, pernah tinggal di Amerika, kerja di Amerika, sampe ada sanak-saudaranya yang lagi di Amerika. Rupa-rupanya Amerika jadi kiblat Korea Selatan. Seperti Korea Selatan memang berambisi menyaingi Amerika diam-diam, awalnya dijadikan panutan dulu. Siapa tahu 5 - 10 tahun lagi perekonomian berkiblat ke Korea Selatan. Secara Samsung sudah pernah ngelobby Grammy Awards beberapa tahun yang lalu.

coba si lee min hoo ini sekolah di mana awalnya? - the heirs-


2. Orang Tua, mana ada drama korea yang nggak ada unsur orang tua nya. Mungkin unsur orang tua ini merupakan cerminan keluarga di Korea yang sangat erat campur tangan orang tua. Ya sama kayak Indonesia, mulai dari anak lahir sampe anaknya ngelahirin anak semuanya jadi urusan orang tua. Bisa jadi karena memang budaya Asia yang kental dengan kekeluargaan. Tapi terkadang cerita di Korea, unsur orang tua bisa sampe bikin cerai atau nikah terpaksa... yaudah sama lah kayak di Indonesia.


sapa yang bikin dua orang ini cerai tapi akhirnya balikan lagi ?!? -emergency couple-


3. Perusahaan Keluarga/White Collar, si bapak/ibu tajir melintir dan punya anak. Eh anaknya rebutan, atau saling iri. Atau si bapak/ibu nya juga malesin banget pilih kasih sama anaknya. Entah kenapa topik ini selalu aja ada. Punya perusahaan keluarga yang cabangnya di mana-mana, mulai dari perusahaan sampe rumah sakit. SEMUA ADA! Nggak heran kan pada tajir melintir kemana-mana tokohnya. Kalau nggak cerita tentang perusahaan keluarga, ya bisa jadi pekerjaan si tokoh adalah dokter atau white collar sekelas eksekutif atau direktur. Pokoknya standar kerennya orang korea kayaknya antara berasal dari perusahaan keluarga atau sebagai dokter

rumah sakit bagian mana yang ga dimiliki sama cewek ini?!? - yong pal-


4. Makanan Korea, wainii... yang bikin ngiler tiap kali nonton drama korea. Dah paling bener ini yang jadi  jualannya Korea ke negara lain. Ramyun, Japchae, Jjangmyeon dan sebangsanya yang bikin kita  pengen kabur ke resto korea buat ngicipin ini semua. Saya yakin nih ini pasti promosi terselubung kementrian pariwisata Korea buat narik wisatawan asing buat berkunjung ke Korea cuman buat ngicipin mi dari panci alias ramyun... HAHA. Tapi nggak cuman pengambilan gambar makanannya aja, tapi yang bikin ngiler juga cara makan si aktor yang lahap banget. Kayak ngga ada makanan yang ga enak di Korea itu. Bahkan streetfoodnya aja dimakan dengan cara yang bikin ngiler. Kalo emang ini cara kalian menarik turis,.. selamat kalian sudah berhasil!!

masih inget adegan makan mi dari panci di apartemen si cowok? -marriage without dating-


5. Cowok Super Romantis nan Cuek dan Cewek yang Clueless, ini juga nih yang bikin cewek-cewek pada meleleh. Cowok korea dipikiran kita langsung di-judge sebagai cowok teromantis sepanjang masa..... padahal kayaknya ya nggak gitu-gitu amat ah. Tapi buat para cowok-cowok, sekali-kali nonton lah  drama korea biar tau gimana cara nyepik cewek dan bikin klepek-klepek. Jago banget lah, mulai dari awal episode pasti cueekkk bangeett, bahkan dingin. Eh lama-lama di episode terakhir jadi sweet, perhatian, jagain, mau diajak ini itu... yailaa mana ada cowok sempurna segitunya. Tapi kalian kalo abis nonton drama korea pasti pada ngayal punya cowok super romantis kaan? Oya, jangan lupa manjanya cowok korea yang bikin meleleh kemana-mana

dijagain dari jauh sama oppa-oppa courier nih... -healer-

6. Cowoknya konstan ganteng dari awal, Ceweknya episode awal biasa aja bahkan kadang digambarkan jelek.. semakin episode belakang semakin keliatan cantiknya, ini mungkin ga terlalu keliatan, tapi kalo diperhatiin ada pola seperti ini di tiap episode drama korea. Di awal si cewek di make up kayak cewek pada umumnya. Bahkan agak kucel, nggak dandan, dan pokoknya jauh dari kata cantik yang didengungkan tv dan majalah. Dan perhatikan seiring dengan berjalannya episode, si cewek lama-lama tambah cantik dengan make up. Bahkan di episode terakhir bisa keliatan flawless dah kayak artis pada umumnya. Entah apa maksudnya, tapi ada pola kayak gini di tiap drama korea

simm salabimm... -she was pretty-


Sejauh ini cuman ada 6 faktor yang dianalisa.. 
Drama korea kadang ada adegan sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari, pinter banget lah ini pembuat ceritanya bikin kita jadi terkenang value yang sering kita lupakan di hal tersebut. Itu tuh yang bikin nangis bombay. Kayak di Reply 1988, adegan tentang cinta orang tua sama anaknya itu kan sederhana banget. Kita semua pernah ngalamin. Lalu itu diangkat dengan agak dramatis sehingga bikin yang nonton mbrebes mili ga karuan.

Eh, ternyata luas juga pengetahuan per drama an korea saya ini... haha. Tapi emang kalo liat satu season bikin nagih sih.

Apa menurut kalian saya perlu bahas drama-drama korea yang bagus nih untuk post selanjutnya?  ... tapi jangan tanya sapa artisnya ya, saya ndak apal.

You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Flickr Images