Satu Hari Kuliner di Suryakencana (Tapping Kelana Rasa Edisi Bogor)

2:12 AM


Selamat datang di Bogor!!

Sudah dua tahun tinggal di sini tapi belum pernah nulis sama sekali tentang Kota Bogor. Yaah.. setelah dari Surabaya yang gede pindah ke Kota Bogor yang cuman seuprit jadi macem sekali muter eh kok udah sampe sini lagi.

Jujur waktu pertama di sini ada semacam food-shock, karena berasa makanan di sini kok ga ada yang cocok semua di lidah. Hahaha.. abis cari petis di sini susah bett..

Nah, kemaren dapat kesempatan nemenin tim Kelana Rasa Trans TV sehari untuk tapping di Bogor. Wah, ini kesempatan bagus, sekalian mengenal kuliner asli Bogor, masa jajan cuman di cafe melulu. Kurang keren!


Pagi-pagi sudah janjian di Suryakencana Gang Aut. Memang disini terkenal jajanan otentiknya. Gang Aut sudah terkenal dari jaman baheula dan dipenuhi jajanan. Pokoknya kalo kesini siapin perut kosong aja. Cara ke sini kalau dari Stasiun Bogor, kalau mau agak capek bisa banget jalan ke arah Kebun Raya, karena gapura Suryakencana ada persin di depan pintu utama Kebun Raya. Kalau naik angkot, bisa langsung ambil angkot 03, turun jalan padjajaran terus langsung nyambung angkot 08 (bukan 08A yaa!).

Paling enak kesini jalan kaki aja dari depan gerbang, sekalian bisa lihat-lihat toko kuno dan berbagai macam pedagang yang jualan di emperan toko. Kita serasa kembali ke Bogor jaman dulu deh. Sayangnya kondisi lingkungan di sini kotor, apalagi kalo hujan. Becek dan sampah adalah pemandangan yang lazim. Trus riwehnya kendaraan yang saling klakson tiada henti bikin pusing. Tapi demi makanan, hajar aja ya!

1. Pisang Goreng Ameng


 Pisang Goreng paling wangi se-Surken. Kalo lewat di depannya udah berasa dipanggil-panggil aja lewat aromanya. Wangi bangeett.. Satu pisang goreng dihargai 5ribu, cukup mihils ya buat satu biji pisang goreng. Tapi tenang, di sini nggak jual pisang doang, ada sukun, nangka, talas dan banyak lagi. Tapi paling wangi sih emang pisang ini yang digoreng, makanya langsung mampir ke sini. Unfortunately, pisangnya ga manis. Jadi rada kecewa gitu, tepungnya juga ternyata ga terlalu manis banget. Rodok sepo!  :| Mungkin lagi nggak hoki nih emang.
Tapi ya daripada ngidam ngiler-ngiler ga keturutan, jadi mending nyoba dan udah tau rasanya.
Mungkin lain kali bakal nyoba nangka dan bakal tnya ada combo pisang plus nangka nggak. Itu combo killer gorengan banget!

2. Aneka Pepes ( Pepes Pisang is My Fav!)



Beneran deh, kalau ngga karena Kelana Rasa bakal nggak tau ada kaki lima yang jual aneka pepes ini. Mulai dari pepes yang rasanya manis sampai asin, semuanya ada di sini. Mungkin kalo di Surabaya pepes pisang ini semacam "Lepet" gitu yaa yang biasa dibuat camilan. Sedangkan ada pepes jamur dan otak-otak ikan yang biasanya buat temen makan nasi. Sambil shooting Kelana Rasa, saya udah abis dua aja nih pepes. Favorit saya setelah pisang adalah nangka, suer nagih pengen makan berkali-kali.

3. Es Pala


Jadi kalo yang belum pernah sama sekali nyobain pala, rasanya bakal agak hangat dan pedas di tenggorokan. Tapi seger. Cocok banget sama suasana kota Bogor yang dingin dan sering hujan ini. Penjual es pala ini letaknya sebelahan persis sama pejual aneka pepes tadi. Selain es serut pala, dia juga jugal es serut mangga. Dua minuman ini cocok banget untuk diminum di segala kondisi, mau panas atau dingin es pala selalu bisa dijadikan alternatif pilihan.

4. Lumpia Basah


Kalo Semarang punya lumpia yang digoreng dan makannya ditemani bawang, kalo di Bogor ada lumpia basah. Jadi lumpia basa ini yang digoreng cuman isinya aja, nggak sama kulitnya. Isinya terdiri dari telor, bumbu dan bengkuang. Sejujurnya saya agak nggak suka karena kebanyakan penjual lumpia basah yang saya temui ngga ada yang enak, semuanya rasa micin. Tapi setelah nemu penjual lumpia basah di Suryakencana, saya langsung jatuh cinta. Lumpa basah yang ini nggak ada rasa micinnya selain itu dibuatnya di atas kompor arang, jadi kerasa aroma bakarnya. Trus dibungkus pake daun pisang, sedep! Iya emang di sini agak pricey, kalo lumpia basah abang-abang cuman 5ribu, di Suryakencana bisa 13ribu.

5. Soto Kuning Pak Salam



Another not typical of my food. Saya itu paling benci sama jeroan. Tapi demi kepentingan syuting, ya apa daya harus dimakan aja. Soto Kuning ini tempatnya warung biru dengan tulisan besar "Soto Kuning Pak Salam" Buka mulai jam 5 sore tapi jam setengah 7 malem pasti udah bakal abis. Gile, enak ya jualannya cuman 2-3 jam hahaha.. Tapi setelah saya ngicip kuahnya emang enak kok. Nah karena harus keliatan makan, saya akhirnya pilih jeroan yang paling aman. PARU. Iya, rasanya kayak empal tapi lebih crispy. Ditelan aja lah pokoknya. Soto kuning ini memang legenda karena larissss banget. Paling enak udah nungguin pas abangnya lagi siap-siap buka tenda. Tempatnya yang kecil dan sempit bikin kita harus makan secepatnya, bayar dan pulang. Wajib dicoba untuk mengakhiri petualangan kuliner di Suryakencana

Aah.. perut kenyang banget.
Alhamdulillah.
Enak-enak semua jajannya, perut udah kayak mau mbledak saking banyaknya yang dimakan. Sehari setelah syuting, saya puasa nggak makan apa-apa sampe bener-bener laper baru dimasukin makanan.
Sebenernya masih banyak jajanan lain, mungkin nanti yaa post selanjutnya sekalian saya mau wisata kuliner sendiri sama teman-teman kampus.

Salam kenyaaang dari Tim Kelana Rasa Bogor........

By de way,,
Kalau kalian pengen wisata kuliner lengkap di seluruh penjuru Bogor gabung aja sama program Wisata Gastronomi Bogor yang diadakan sama Mas Arie Pariekesit. Jadi di wisata kuliner nanti kalian bakal diajak jalan-jalan ngicipin semua makanan enak-enak di Bogor selama sehari. Jadwal terdekat bakal ada di tanggal 4 Desember 2016. Kalau mau kontaknya bisa hubungi gambar di bawah ini.... 



You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Warung Blogger

Flickr Images