Impian: Melihat Adelaide Sky

3:40 AM

*ehem.. sambil baca tulisan ini bisa diiringi backsound Adelaide Sky by Adithia Sofyan supaya lebih mengena*

Nama Australia memang sudah tidak asing di Indonesia, banyak warga negara kita yang suka menghabiskan waktu liburan mereka ke Australia begitu juga sebaliknya. Alasan orang Indonesia suka pergi ke Australia adalah karena lebih kelihatan luar negerinya. Kalo cuman ke Singapur hampir sama aja, tapi kalo ke Australia lebih banyak bulenya jadi lebih kerasa ke luar negerinya :cinta:

Nah kalau Adelaide sepertinya belum sepopuler Sydney, Perth atau Melbourne yaa.. Secara tiga kota ini merupakan tiga kota tujuan utama para turis untuk menghabiskan liburan mereka di Australia. Saya aja baru tertarik dengan Adelaide sejak mendengarkan lagunya Adithia Sofyan yang Adelaide Sky, karena lagu yang adem ini membuat pikiran saya berasumsi bahwa Adelaide merupakan sebuah kota yang adem, tenang dan sejuk.

Adelaide memang sudah menjadi target wisata ke Australia saya ke depan, namun ada satu hal yang bikin saya lebih serius ingin kenal Adelaide lebih jauh.

Calon pacar (bacanya: gebetan) saya keterima LPDP dengan tujuan University of Adelaide!!

Waini... segera harus diagendakan buat berkunjung ke sana. Apalagi ketika liburan musim panas, pas banget. Pas si doi libur kuliah jadi bisa sekalian jalan-jalan bareng. Sebelumnya mau ngelist dulu deh bakal ngapain aja selama di sana, karena banyak bange yang mau dikunjungi tapi waktu terbatas. Jadi harus pintar-pintar mengatur objek wisata apa aja yang terkenal plus biar bisa foto buat konten instagram :D

Wisata Alam

Sebagai sebuah kota pesisir yang terletak di samudera selatan Australia, tentu Adelaide menawarkan wisata alam yang sangat menarik. Cuaca cerah musim panas di Australia tentu sebuah kesempatan yang harus dimanfaatkan, berpetualang di kawasan wisata alam menjadi salah satu alternatif yang wajib masuk dalam list wisata saya.

Adelaide  Zoo
Adelaide Zoo merupakan kebun binatang tertua di Australia. Kebun binatang ini terletak di pusat kota yang menjadikan kita sangat mudah untuk mengujungi kebun binatang ini. Dihuni oleh 300 spesies, hewan asli Indonesia juga ada di sini yaitu Macan Sumatera dan Orangutan.

Taman Nasioal Morialta
Taman Nasional Morialta juga wajib buat dikunjungi untuk kamu pecinta alam. Taman nasional ini didominasi oleh tumbuhan semak kasar dan memiliki 3 air terjun dengan pemandangan super cantik, yang pasti instgramable bangeet. Nggak cuman trekking aja, di sini kita juga bisa mengamati burung eksotis dan panjat tebing,

Barossa Valley
Barossa Valley merupakan sebuah kebun anggur yang sangat terkenal, jarak dari pusat kota ke perkebunan ini juga tidak jauh, hanya butuh 1 jam saja. Selain kebun anggur, Barossa Valley juga menawarkan sebuah objek wisata unik yaitu Whispering Wall (tembok berbisik), karena kita bisa mendengar suara orang yang berada di ujung lain bendungan. Makanan khas dari Barossa Valley ini tentu saja berbagai olahan anggur. Wah, saya bener-bener nggak sabar lo buat ke sini karena pemandangan kebun anggur seperti ini tidak bisa kita temukan di Indonesia.


Wisata Seni

Seni merupakan sebuah elemen yang wajib ada dalam itineary perjalanan saya. Menurut saya, seni itu sangat universal interpretasinya sehingga setiap kali mengunjungi tempat baru maka saya akan memperhatikan seni yang ada di lingkungan tersebut. Seni di sini tidak terbatas pada sebuah karya yang hanya bisa dipamerkan, tapi desain dari sebuah bangunan ataupun landscape dari sebuah daerah juga merupaka seni bagi saya. Duuh..bayangin menjelajah karya seni di Adelaide sama mas nya ini bikin nggak sabar loo...

Art Gallery of South Australia
Galeri ini konon katanya merupakan salah galeri dengan koleksi paling lengkah di bagian selatan Australia. Memasuki tiap-tiap ruangnya bagaikan lorong waktu yang membawa kita memahami bahwa seni tidak bisa dipisahkan dari peradaban manusia. Kabar baiknya adalah ada beberapa koleksi kesenian Indonesia yang dipajang di sini, batik dan beberapa kesenian gerabah langka lainnya. Koleksi lukisan dan patungnya juga tidak kalah lengkapnya. Membayangkan galeri yang dipenuhi lukisan ini membuat saya bisa betah berlama-lama di museum ini.

Katedral St. Patrick
Desain interior maupun eksterior sebuah bangunan selalu menjadi hal yang menarik bagi saya. Apalagi si mas nya ambil jurusan arsitek, jadi sepertinya mengunjungi bangunan dengan desain yang cantik harus menjadi hal yang wajib dalam kencan kami. Katedral St. Patrick ini terletak di jantung kota Adelaide dan sangat mudah akses ke sana. Gaya bangunan jaman renaissance menjadi salah satu daya tarik katedral ini, nggak sabar deh pengen ke sini.

Wisata Kuliner

Meat Pie dan Vegemite
Wisata kuliner selalu menjadi salah satu tujuan utama setiap kali saya jalan-jalan.. karena menurut saya makanan merupakan salah satu bentuk evolusi budaya yang dimiliki oleh masyarakat. Budaya sebuah masyarakat sangat erat kaitannya dengan asal mula makanan tersebut. Australia, terutama Adelaide tentu memiliki makanan khas layaknya Indonesia. Dua makanan "endemik" yang paling terkenal adalah Vegemite dan Meat Pie. Vegemite merupakan hasil pengolahan ragi yang biasanya digunakan sebagai teman makan roti. Selai vegemite ini jarang banget ditemuin kalo nggak di Australia, so I would like to try this!!
Kuliner 'endemik' lainnya adalah pie daging. Sejujurnya saya kurang tahu apa bedanya dengan pie daging lainnya. Jangan-jangan dagingnya daging kanguru :p Well, makanya pie daging ini masuk dalam list makanan yang patut saya coba.

Sudah tau mau makan apa aja atau ke mana aja, sekarang masalah tinggal masalah akses ke sananya. Layaknya kota yang sudah maju, transportasi umum di Adelaide sudah gampang. Banyak peta tentang kendaraan publik yang bisa digunakan untuk menuju ke tempat wisata. Pengen banget deh nyoba trem, secara kendaraan ini hanya dapat ditemui di tempat tertentu. 

Dengan segala kerempongan yang ada, tampaknya ke Adelaide dengan travel adalah salah satu pilihan terbaik. Nggak perlu repot ngatur waktu dan mikirin harus naik apa ke sana sini. Makan terjamin dan tinggal menikmati pemandangan Adelaide sesuai itineary yang ada :)

Setelah bertanya dengan beberapa orang, jatuhlah rekomendasi teman-teman saya pada H.I.S. H.I.S menyediakan layanan individual maupun grup tur dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk untuk memudahkan wisatamu. Jadi kita nggak perlu bingung deh sama urusan visa, passport, tiket dan akomodasi lainnya. Tinggal serahkan ke H.I.S dan semua beres!

Nggak cuman Adelaide aja lo, H.I.S juga melayani berbagai negara tujuan Australi dengan variasi paket wisata yang menarik. Cek aja Facebook ataupun website H.I.S untuk tanya-tanya tentang paket tur yang mereka sediakan. Nah sekarang mereka juga sedang mengadakan kompetisi blogging dengan hadiah trip ke Australia. Yuk ikutan, sapa tau kamu juga bisa liburan bareng aku (bawa temen ya biar nggak jadi nyamuk, hehe) jalan-jalan ke Australia.

Yukk....



You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Warung Blogger

Flickr Images