Tahu Tek, Obat Kangen

8:03 PM

Tahu Tek.
Tahu nggak makanan ini?
Ya tahu lah, masa tempe. Namanya aja tahu
*bokis luu..*
Buat orang asli Jawa Timur makanan ini tentunya sudah familiar. Gimana nggak familiar kalo tiap malem pak nya teng... teng... teng... lewat di depan rumah (well, setidaknya itu yang ada di depan rumah saya).

Nah semenjak pindah dari Surabaya ke Bogor.. Tahu Tek jadi makanan yang paling dirindukan. Kalo dulu yang teng.. teng.. depan rumah itu Kang Tahu Tek, eh sekarang jadi Kang Nasi Goreng. Sebuah gegar budaya yang bukan main bukaan? (hayo loo bingung bahasanya)

Berbekal keinginan yang kuat dalam menjelajah Bogor akhirnya saya menemukan beberapa Kang Tahu Tek yang magrok (diam di tempat, nggak keliling gitu maksudnya) di Bogor kota:

1. Sekitar jalan raya Padjajaran di arah Jambu Dua. Kalau kalian tahu pom bensin Shell atau restoran Lemongrass, nah kaki lima tahu tek ini setelahnya. Buka malam hari
2. Padjajaran Indah. Kalau dari jalan raya Padjajaran mau ke Elos (sekarang lippo mall) nah setelah restoran gili-gili ada jalan besar belokan kiri. Belok aja disitu dan cari kaki lima yang jual tahu tek, karena di situ ada beberapa penjual kaki lima yang lain. Buka malam hari
3. Jl. Ahmad Yani, setelah resto Fish n Chef ada Depot Jawa Timur. Buka Siang hari

Nggak tau nih gara-gara sugesti atau emang rasanya lain, dari 3 penjual tahu tek yang saya coba di Bogor rasanya lain banget sama yang ada ada di Surabaya. Kalo di Bogor rasanya lebih manis aja petisnya, jadi lebih dominan rasa manis di petisnya ketimbang rasa pedesnya. Padahal ya udah minta lombok lima ya tetep aja kerasa manis. Lain kalo di Surabaya, minta lombok 3 aja pedesnya udah ga karuan buat saya.

Nah kalau di Surabaya sih gampang banget nemuin orang yang jual tahu tek. Ngesot sitik ae yang jual tahu tek wes bertebaran. Mulai dari yang kroso pedes tok sampek yang hau tjek!
Sebenernya kalo di Surabaya yang langganan tetap sih bapak yang lewat depan rumah, tau aja lo pak ini kalo saya udah pulang. Pasti sengaja banget berenti lama di depan rumah, minta dipanggil. Huh, dasar.

Kalau anak ITS dan sekitarnya pasti sudah langganan Tahu Tek Pak Jayen.
Kalo pas rame... kayaknya rame terus deh, harus sabar nunggu 15 menitan buat antri di sini. Padahal Pak Jayen ini sudah menerapkan prinsip keefisienan stasiun kerja, yaitu tiap bagian udah ada orang yang bertugas sendiri. Bagian nggoreng, motong, ngeracik di piring, ngaduk bumbu, nyatetin pesenan, nganter pesenan, semuanya dikerjakan oleh orang yang berbeda-beda. La kok yo sek ngantri suwi :(
Memang orang Surabaya doyan makan sih.

Udahlah kalo orang Surabaya nggak ketemu tahu tek, bisa sakaw.




You Might Also Like

0 comments

Total Pageviews

Warung Blogger

Flickr Images